Sabtu, 06 September 2008

concept magz: 1001 peyo indiesmile character design competition

Yeah,, im very proud of my(our) works, altough im not a winner, but it very pleasent that my artworks was on Senayan city for a week:)


jadi begini loh, nih acara sebenarnya udah lama bener, yang ngadain ituh majalah desain grafis paling handal di Indoneisa: concept magazine,dah dari awal bulan ini udah ada pengunguman sayembaranya, tapi berhubung waktu ntu gw blom pede untuk submit any artworks, yah gw sempet urungkan niat gw untuk ikut.

but after a couple of month, jadi waktu ntu temen gw si nanda'binzith' bawa babyboss, sekitar 4-5 bulan setelah gw mengurungkan niat gw ituh, n gw liadlah ituh brosur kalo lombanya diperpanjang hingga kapan gt gw lupa, pokoknya gw baca itu deadlennya tinggal 3 minggu lg kalo ga salah,
yeah jadi gw mulai aja ngedisain, gw ngajak temen gw namanya robin, dia ga bisa computer-graphic, tapi kemampuan seninya diatas rata rata, dia sering bgt ngelukis, dan lukisannya ituh udah setara ama seniman2 pasar seni ancol,
dan ternyata pilihan gw bener, dia tau banget detail wajah, pewarnaan, dan kalo lo liad, itu mukanya pure vektor loh, dia bener bener tau bentuk wajah, keren abis..
dan setelah beberapa minggu ituh kerja semaleman, coz gw designnya pas pulang kuliah, share berdua, revisi berkali kali, its about hard work, but i really enjoy it,,
setelah jadipun masih ada masalah, qt bdua kurang pengalaman soal ngeprint, pelajaran yang gw dapet: slalu convert gambar lu ke pdf , kesalahan paling fatal gw slalu convertnya ke JPEG, jdinya kurang maksimal hasil cetakna, waktu nyetak jg gw agak kesulitan soalnya gw harus ke subur printing di daerah jaksel, disana ga terima ngedit, akhirnya gw tuh ampir 2 jam muterin blokm dan mampang buat nyari rental, asu..
untung gw masih punya temen yang magang di sana, dan kebetulan dia megang acara ini, jadi gw bisa submit agak telatan, yah kira kira gw magrib udah sampe kantor conceptnya langsung, fakta terahir ternyata ada yang lebih telat daripada gw, temen gwyang cerita jam 12 mlm baru di submit, hehehe so im not the latest one..
lombanya ituh tentang design karakter yang indonesia banget, indonesia itu negara yang murah senyum, jadi karakter yang dibuat haruslah tersenyum
karakter yang qt buat ini namanya Ayu, dia ituh mahasiswi pencinta alam, suatu saat dia ituh ikut outbone ma perkumpulan pecinta alamnya ke hutan kalimantan, pada saat berkemah dia diculik oleh makhluk makhluk hutan, dan membawanya ke raja penjaga hutan, sang raja sudah sangat tua dan berniat mencari penggantinya untuk menjaga rimba kalimantan, oleh karena itu ayu ditawari untuk menggantikannya dgn syarat dia harus meninggalkan kehidupan duniawinya. ayu setuju, dan kemudian dia menjadi putri penjaga hutan, tubuhnya menjelma menjadi tumbuhan, dia tetap memakai baju batik agar dia slalu ingat akan kampung halamannya di jawa.
teman-temannya pun mencari-cari keberadaan Ayu, smua telah dikerahkan utk mencarinya, dan setelah 3 bulan mencari dengan dibantu tim SAR, ayu tetap tdk ditemukan, akhirnya teman dan keluarganya ikhlas menyatakan kalo Ayu sudah meninggal.
kenapa ayu tersenyum? biarpun dia sedih harus berpisah dengan kerabatnya, dia senang karena sudah mulai banyak generasi muda yang perduli akan lingkungan, dan dia tetap menjaga hutan kalimantan hingga sekarang, dan peyo ini diciptakan untuk menandakan bahwa ayu tetap ada.
yah begitulah konsep peyo gw dan robin, biarpun gw ga menang, gw puas, gw menghargai proses, bukan hasil.
ohya karya gw ada di babyboss edisi peyo indiesmile loh, kebanggaan banget bisa masuk majalah design grafis yang beredar ampe singapur, yah walaupun kalo lo beli jg kemungkinan notice ma karya gw kecil, soalnya banyak bener yang submit, tapi tetep ajah gw bangga, hehehe; here it is our hardworks ;)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

waw... mantebs.
pengen bisa ndesain nih tapi susah...
serba otodidak sih he.. he..
lam kenal ja yaks