Senin, 01 September 2008

spare 08 poster competition

errggghhh.. jumpa lagi


sebenarnya, jauh dari lubuk hati terdalam,(cie ileh) gw sangat sangat menyesal mengikuti perlombaan inih

yah salah gw jg sih yang terlalu yakin

gw juga terlalu gampang berubah..


jadi ceritanya, waktu disela sela kepanitiaan KJI, gw lewat Fakultas Kesehatan Masyarakat(FKM) UI, gw liad spanduknya, acara SPARE08 ini

jadi acara ini tuh temanya sport n art, jadinya ada tanding futsal segala, dan ada lomba posternya, tertarik gw ikutan..


mulailah gw nentuin tema, setelah berpikir cukup lama, akhirnya dapat jg ide tentang menggabungkan tema art dan sport tersebut. setelah dipikir cukup dalam, akhirnya gw dapet kesimpulan bahwa sebenarnya art dan sport ituh punya banyak kesamaan, tetapi cakupannya ajah yang berbeda.


sports itu butuh bakat dan kemauan, begitu pula art, untuk jadi seniman perlu bakat dan kemauan.

artist ituh terkenal moody an, jadi mood mereka itu harus dijaga, begitu pula para atlit, mereka akan bermain baik jika mood mereka baik.

atlit ituh bermain penuh spontanitas, begitu juga artist,

atlit ituh bermain dengan bebas, tetapi mereka dibatasi oleh peraturan-peraturan permainan.begitu pula artist, mereka bebas berkarya, tetapi tetap patuh terhadap norma norma yang berlaku.


jadi tema gw ituh, find arts from sports.


maka mulailah gw menskets, gw scan, warnain pake corel, akhirnya jadilah seperti ini:
tapi entah kenapa dari lubuk hati gw yang terdalam (menggunakan kata yang sama 2x) gw kurang setuju ama gambar ini, akhirnya gw coba gambar lagi..

yang kedua hasilnya seperti ini
komentar gw pribadi: koq jadi absurd gini yah?

yang ketiga, gw mulai memilih suatu 'model' yang bisa melambangkan kekuatan sport dan kecantikan seni, maka gw pilihlah greysia poly, karna selain gw mengagumi dia saat maen bulu tangkis, gw di mig33 sering dipanggil greysia poly gara gara nick gw tuh Polysterentman... <

maka dengan kemampuan tracing saia: jadilah seperti ini,
tapi gw pikir, nih apa nyambungnya ya ama tema awal gw,
akhirnya yah gw buat lagi yang trakhir, dengan men search foto foto OK dari greysia, akhirnya gw dapet dan gw tracing lagi full body, n gw kasi hias hiasan absurd, soalnya gw udah mumet ngasi ide apa lagi,

in short, gw submit lah karya yang trahir, gw udah yakin ajah menang, soalnya ramalan gw mengatakan gw akan menerima apresiasi tertinggi saat menjelang akhir tahun (gw percaya astrologi loh, tapi tetep gw percaya ada kekuatan lebih hebat yang mengatur astrologi ini) dan gw juga ngarep banget ma hadiahnya, kebeneran lagi butuh duid,BANGET!

yah tapi kenyataan berkata lain, gw kalah, gw di sms in ama panitianya, katanya karena target peserta ituh ga memenuhi, jadi pemenangnya cuman satu ajah. kesel banget gw, koq gini c? tapi yah mo gimana, yah maklum ajah acara kampus, panitianya ajah masi ribet kuliah, cukup tau ajah deh kalo gini

gw jg sempet sms si panitia 'yang sms gw ngasi tau kalo gw kalah'(YSGNTKGW) kata si panitia YSGNTKGW ada masukan dari juri yang membangun, katanya mo di emailin, tapi blom kekirim jg, tai kebo(bullshit) gw pengen tau yang menang kyk gimana sih? biar jd pembelajaran gitu..

dan setelah gw konsultasi ama temen temen gw, ternyata mereka lebih prefer ama karya prtama gw, knapa ga gw submit yg ptama ajah??

later, akhirnya gw tau knp gw ga suka ma karya gw yang pertama, gw dapet teori yang sangat bagus dari guru seni rupa ade gw, katanya seni grafis itu dibagi dua: bentuk dan warna, grafis itu bagus kalo salah satu unsur itu yang menonjol, bukan dua duanya, jadi yang baik itu, jika bentuknya kompleks dan detail, usahakan warnannya sedikit, dan jika objeknya hanya satu/sedikit, usahakan warnanya yang detail agar lebih hidup. karya gw yang pertama itu gw nilai terlalu kompleks, bentuknya banyak, warnanya apa lagi, ga ada keseimbangan sama sekali, mangkannya gw ga suka..

tapi pada dasarnya ga ada sebuah karya yang bagus, ga ada pula yang jelek, semua tergantung dari prespektif orang yang menilai karya tersebut, prinsip itu yang gw pegang ampe sekarang.

bedewe, met saum yah bagi yang menjalankan, jalankan kehidupan kita dengan ibadah:)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

semua bagus kok pak he..he...
belum rejekinya mungkin

ismail marzoeki mengatakan...

widih sen,,
gokil2 banget editan lu,,
poto gw yang di facebook editin donk,,
kata orang itu serem sen,,
bikin jadi lucu...
hahaha