Kamis, 20 Maret 2008

kompetisi jembatan indonesia (KJI)

haloha haloha. . im back, , skrng jam setengah satu pagi, gw bru ngeposting, sbnrnya niatnya udah dari pagi, tapi krn malas dan kehambat oleh film Van Helsing di trans tipi, selesai filmnya gw ru cabut ke warnet d. .

knp gw niat bgt ngeposting?? krn gw ru aja nyelesein graphic berupa logo untuk sebuah ajang yang (mudah-mudahan) bergengsi di kampus gw yaitu kompetisi jembatan indonesia (KJI). . berawal dari gw yang maen maen ke gdg direktorat gw, tuk ngasi hasil design rmh ke mba hani (lihat postingan sblmny) dari situ gw ketemu bu nunung, dosen gw yang paling rame,, pas gw masuk ada dia, akhirnya datang juga. . . katanya (kyk kuis yah??), 'eh kmu design yah untuk logo KJI 2008'. . 'okeh buu' gw jawab. . gw yang bersama delia waktu itu langsung memikirkan konsep design.

setelah berkutat sedemikian lama, ga dapet jg, kurang sejalan gw ma pikirannya delia, but saran" dia cukup berarti buat gw, tetapi tetep ajah, sifat dasar seorang seniman, EGOIS, ga bisa hilang dari diri gw. .

setelah ketemu mba hani, gw langsung buru-buru ke kelas, dosen beton gw udah masup, gw dah di telp ama si sara tmn skls gw. pas masuk, pak andi, dosen beton gw, tengah menjelaskan peraturan beton di indonesia, papan tulis udah dipenuhi rumus-rumus yang ga karuan, sedangkan pikiran gw lagi terfokus ama logo KJI ini, udah gt si Uti (temen skelas gw, yang kebetulan wkt itu duduk di samping gw) minta digambarin orng pacaran. .

'chent, lu bisa gambarin gw orang pacaran di bukit sambil liad bintang kaga'

hmmm

' sory ti, pikiran gw lagi bercabang, gw lagi mikirin design logo, udah gt gw pngn konsen ma beton. . '

tapi entah knp akhirnya gw luluh jg, gw gambarin d di secarik kertas, sketsa ajah, trus gw kasi ke c uti. .

' gambar lu kyk lagi mesum'

'sial'


tetapi disinilah gw mendapat inspirasi, di tengah kuliahnya, pak andi ngejelasin tentang batang tekan dan tarik, trus dia ngegambar sketsa jembatan rangka baja yang bentuknya kurva dengan kabel-kabel di tengahnya, gw langsung kepikiran ngebuat kabel-kabel jembatan yang membentuk angka 4 romawi. . nah itulah konsep dasar gw. .

langsung ajah gw sketsa di krtas fotokopian design beton SNI tahun brp gw lupa, , , esoknya gw berniat untuk langsung design, kan lagi libur tuh (ohya, med maulid nabi yaaa) tp berhubung komputer gw rusak, nyala sih, tapi layarnya burem dan gepeng, untuk komp design, menurut gw udah ga ada toleransi lagi kalo layarnya udah rusak. . but, nothing can stand in my way of, gw minjem komputer tante gw, gw ngedesign deh pake corel dari jam 4 sore mpe jam 8 mlm, cukup sulit jg pake komputer orang, disamping suasananya beda, gw jg harus tau waktu, biasanya di komp gw sndiri gw bs mpe jam 11 mlm gmbr" kgag jlas, , ,

but finnaly,, here it is. . . lambang untuk KJI 2008


untuk konsepnya, seperti yang gw jelasin sebelumnya, gw cuman menggambarkan sebuah jembatan rangka baja melengkung dengan pola strukturnya yang membentuk angka romawi 4, tapi gw tambahkan warna warna ceria, merah magenta, biru ama kuning, untuk memberi kesan ceria dan mencoba mengkomunikasikan bahwa biarpun kompetisi jembatan, tapi ini jg bisa jadi ajang seru,

acaranya sendir itu tentang pembuatan jembatan, mulai dari design, perkiraan biaya, hingga pelaksanaan dari mahasiswa. aspek yang dinilai yaitu tentu saja kekuatan jembatan, kecepatan dalam pemasangan, serta keindahan jembatan itu sendiri,,

but anyway, logo ini blm gw ajukan, tetapi gw berharap bisa diterima, cos gw berhadapan dengan orang-orang teknik yang konon kaku dan perfeksionis, ,

Tidak ada komentar: